Minggu, 21 September 2014

Hikari dan Belajar Membaca

Hikari sudah mulai lancar mengeja dan membaca.
Untuk kata-kata yang mudah seperti KADO, BELI, MADU, KELAPA, PEPAYA, dan sejenisnya sih sudah bukan masalah baginya.

Tapi dia masih kesulitan membaca kata yang diawali dengan huruf vokal yang langsung bertemu dengan konsonan. Misalnya OKTOBER, AYAM, ITIK, dan sejenisnya. Karena ketika membaca, Hikari masih selalu merangkai per dua huruf.
Jadi misalnya O-K, dibacanya apa? Dia masih sering membacanya sebagai KO. Demikian juga I-T, dibaca TI. :)

Yang juga menjadi kesulitannya adalah jika terdapat konsonan ganda. 
PRO, PRANGKO, GRAM, KRING, dan sebagainya.

Dan namanya anak baru bisa membaca, hampir semuanya ingin dibaca. Setiap ketemu tulisan selalu berusaha membaca dan bertanya. Yang repot adalah jika menemukan kata dalam bahasa inggris. Sudah menjelaskan kepadanya, baik itu bunyi hurufnya maupun cara membacanya. Maka seringkali kami membiarkan saja dia membaca huruf apa adanya. RICE, MOUSE, PAPER, SOAP. 
Dan kalau ketemu kata yang susah dibaca sih biasanya kami cuma bilang "itu bahasa inggris, Kak Ai memang belum diajarin bahasa inggris sama bu guru"


:D

Semangat ya, Kak Ai...