Selasa, 02 April 2013

Hoshi dan Tidurnya

Normalnya sih Hoshi lebih gampang tertidur dibandingkan Hikari yang punya banyak syarat. Di malam hari, kalau memang sudah mengantuk, dia akan langsung masuk ke kamar lalu naik ke tempat tidur. Berbaring diam-diam dan sesaat kemudian langsung terlelap. Kadang berguling dulu ke kanan dan ke kiri beberapa saat kemudian tertidur. Atau jika sedang agak manja, dia akan minta digendong saja. Dan tak sampai 2 menitan, dia akan pulas tertidur dan bisa langsung diletakkan di tempat tidur.

Siang hari pun begitu. Hoshi sepertinya meniru saya yang bisa tidur dengan mudah di sembarang tempat. Saat sedang asik-asik bermain, dia bisa tertidur jika dibiarkan sendiri. Di karpet di ruang depan. Atau di atas kursi. Atau tergeletak begitu saja di lantai rumah. Apalagi kalau naik mobil, cepet banget tidurnya.


Meski begitu, ada juga saatnya Hoshi bertingkah dan perlu perhatian khusus menjelang tidur. Ini biasanya terjadi jika siang harinya dia sudah tidur terlalu lama, lebih dari dua jam. Maka malam harinya dia akan sedikit rewel rewel saat semua orang sudah mulai mengantuk. Apalagi jika Kakaknya sudah tidur duluan, makin manja karena tidak ada yang mengganggunya. 

Dia akan bermain-main sendiri di ruang depan. Dengan saya yang tidur-tiduran di sebelahnya. Lalu mondar-mandir masuk dan keluar kamar tidur. Menengok sebentar ke Kakaknya yang sudah terlelap, tersenyum-senyum lalu kembali lagi bermain.
 
Kadang dia minta disetelkan film-film kartun kesukannya di laptop, lalu betah berlama-lama nonton sendirian sampai mengantuk. Kadang nontonnya minta ditemani saya atau umminya, dan yang menemani tak boleh tidur. Atau malah minta dipangku sambil nonton.

Yang lumayan bikin pegal jika dia mengantuk tapi belum bisa tidur lalu minta digendong. Haha. Digendongnya pun harus begini harus begitu. Jika tak dituruti langsung merajuk dan menangis. Dan harus bertahan di posisi yang sama sampai dia tertidur. Lumayan sih mengingat badannya yang montok berisi itu.

Tapi yang paling lucu sekaligus menguji  kesabaran adalah ketika dia sudah di atas kasur minta ditemani dan yang menemani tak boleh tertidur. Tak boleh pegang gadget, perhatian harus sepenuhnya untuk dia. Ini berat. karena kalau sudah berbaring di atas kasur dan tidak melakukan apa-apa bawaannya pasti ngantuk dan sering tanpa sadar mata terpejam sendiri. 

Kalau sampai kejadian -saya atau umminya tertidur- Hoshi pasti langsung marah. Dia akan berusaha membangunkan dengan cara menggoyangkan badan atau mencubiti pipi. 
"Ummi jangan tidur!"
"Buka matanya Ummi"
Jika sudah membuka mata tapi masih kelihatan ngantuk : "Buka banyak-banyak matanya!" Hahaha. Maksudnya, buka mata yang lebar. Jangan mengantuk.
Jika kita masih juga mengantuk, tak jarang tangan kecilnya memukul muka sekenanya. ADUH! Pukulan itu ikhlas sekuat tenaga dan efeknya kejutnya sangat terasa karena kita dalam keadaan mengantuk. Tapi memang langsung terbangun sih. Haha

Sebenarnya lucu melihat ekspresi Hoshi menyuruh bangun itu. Juga cara dia berusaha membangunkan ditambah kata-katanya yang diucapkan dengan nada memerintah itu. Tapi juga sekaligus bikin kaget dan kesal, yaa karena efek kejutannya itu tadi. Hihi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar