Jumat, 14 Oktober 2011

Hikari dan Downgrade

Hikari sepertinya men-downgrade kemampuannya sendiri.

Sekarang sering kali kami dibuat kesal karena dia selalu menjerit-jerit saat meminta sesuatu. Padahal dulu dia bisa memintanya dengan baik. Sekarang hobi banget teriak. Apalagi jika tidak langsung dipenuhi, teriak sekuat-kuatnya. Dan timing-nya meminta itu sering kali bertepatan dengan saat kami sedang melakukan sesuatu. Misalnya saat umminya sedang menyusui Hoshi, atau sedang memasak yang tidak bisa ditinggal.

Sekarang pergi berbelanja adalah hal yang juga cukup merepotkan. Kenapa? Karena Hikari selalu minta gendong. Padahal Hoshi juga masih harus digendong. Apalagi kalau tempat belanjanya pas yang sedang ramai, tak mungkin Hoshi diturunkan.

Dulu biasanya jika berbelanja, saya menggendong Hoshi sambil menggandeng Hikari. Jadi umminya bisa leluasa memilih belanjaan. Atau jika belanjanya di supermarket atau hipermarket, saya menggendong Hoshi sambil mendorong trolly yang didalamnya duduk manis Hikari bersama dengan belanjaan.

Sekarang, baru turun dari mobil saja dia sudah heboh merengek-rengek minta gendong, yang kalau tidak dituruti akan merajuk lalu jongkok atau duduk sambil menangis. Kalau sudah begitu, Hoshi langsung berpindah ke ummi dan saya menggendong Hikari. Lalu selama belanja, tak pernah mau diturunkan barang sebentar.

Ini mengesalkan tapi juga membingungkan.
Kenapa Hikari jadi semakin manja? Kenapa dia akhirnya menjadi sering tidak mau mandiri? Kalau masalah perhatian, rasanya tidak pernah berkurang.

Atau downgrade atas sikapnya ini sebenarnya adalah salah satu bentuk kepintarannya dalam mencari cara agar mendapat perhatian lebih? Berarti mestinya disebut upgrade, karena dengan begitu berarti mulai kelihatan perkembangan logika berpikirnya?


2 komentar:

  1. Menjadi orang tua adalah hal terindah dan tersulit dalam hidup ya...., semangat ya....! Kita dalam posisi yang sama...

    BalasHapus
  2. kita nggak akan pernah tau detailnya sampai menjalaninya langsung.
    terima kasih kunjungannya Pak/Bu. :)

    BalasHapus