Sabtu, 07 Juli 2012

Hoshi dan Huruf Konsonan

Meskipun semakin lancar bicara, tapi akhir-akhir ini ada beberapa huruf konsonan yang tertukar oleh Hoshi. Bunyinya sih jelas, tapi penempatannya yang malah jadi sering tidak konsisten. Padahal sebelumnya tak ada masalah dengan huruf-huruf itu.

Huruf R.
Sudah sejak lama Hoshi lancar menyebut RRRRR. Tapi tidak selalu. Bunyi R itu akan jelas dan jernih jika berada di tengah kata. Misalnya pada kata LARI, BARU, KERANG. Tetapi kemudian akan berubah menjadi bunyi huruf lain jika R-nya berada di belakang atau di depan kata. 
KASUR-->KASUN
MOTOR-->MOTON
RINDU-->LINDU. 

Huruf B.
Ini juga tidak selalu. Ada beberapa kata yang jika diawali dengan huruf B, bunyinya akan berubah menjadi huruf M. Dia lancar menyebut kata BALON dan BADUT, misalnya. Tetapi saat menyebut BINTANG, yang terucap dari mulutnya adalah MINTANG. Saat dia berkata MANYAK-MANYAK, itu berarti BANYAK-BANYAK. :D

Huruf K.
Seperti yang lain, yang ini pun hanya terjadi pada kata-kata tertentu saja. Tapi lumayan banyak sih. Huruf K yang berada di awal suatu kata kadang kala akan berubah menjadi hufuf T. 
KAWAN--> TAWAN
KAKAK--> TATA (Yang ini pernah saya ceritakan di postingan terdahulu)
KOLAM-->TOLAM
Dsb.
Yang akhirnya jadi sedikit terdengar ganjil tentang huruf K yang berubah bunyi ini adalah panggilan Hoshi kepada kakaknya.
Dalam versi Hoshi yang paling baru, panggilannya kepada Hikari adalah KAKA HIKARI. 
Kemudian disingkatnya sendiri menjadi KAKA KARI. 
Lalu -dengan pola huruf K berubah menjadi huruf T- panggilannya menjadi KAKA TARI.
Dan akhir-akhir ini, entah bagaimana, huruf R-nya menghilang, jadilah KAKA TAI.
Lucu.
Tapi meskipun KAKA TAI, Hoshi melafalkannya dengan caranya sendiri. Dengan bunyi I di bagian belakang yang menggantung. Sekilas terdengar seperti bunyi huruf Y, KAKA TAY. Tapi tidak persis seperti itu juga. Maka alih-alih berkonotasi kotoran, panggilan KAKA TAI-nya terdengar mesra dan spesial.

:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar