Kamis, 27 Februari 2014

Hoshi dan Melengkapi Kalimat

Hingga usianya hari ini, sepertinya Hoshi masih sering kesulitan dengan kemampuannya memilih kosa kata saat berbicara. Terutama untuk kalimat-kalimat yang panjang. Bukan tidak pandai bicara. Tapi ssepertinya dia memerlukan proses yang lebih lama untuk mengucapkan kalimat dengan cepat. 

Jadi Hoshi itu, kalau menceritakan sesuatu yang kalimatnya panjang, cenderung dengan tempo yang lambat. Ada jeda yang cukup lama antara kata yang satu dengan kata selanjutnya.

Saya kadang-kadang iseng menggoda dia jika sedang mendengarkan dia bercerita. Jika dia sedang bicara, saya sering mendahului dia mengucapkan kata selanjutnya. Kalau kata yang saya ucapkan memang sesuai dengan yang dia maksudkan, Hoshi biasanya senyum-senyum saja. Tersipu dengan manisnya seolah-olah tau sedang dikerjai.

Sekali dua kali dia protes sambil berkata "BUKAAN!" jika saya salah -yang seringnya memang sengaja saya bikin salah- melanjutkan kata yang hendak diucapkannya. Jika kesalahan itu hanya sekali saya lakukan, dia akan senyum-senyum saja, tapi lebih dari itu biasanya dia merajuk dan tak mau lagi bercerita. :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar