Kamis, 29 Juli 2010

Kejutan Hoshi

Alah bisa karena biasa, kata pepatah. Kita tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan sesuatu jika sebelumnya kita sudah pernah mengerjakannya. Atau kalau pun ada sedikit canggung, itu tidak akan berlangsung lama. Karena seperti halnya mengendarai kendaraan, kita tidak akan kesulitan meski sudah lama tidak melakukannya. Dan seharusnya semakin sering kita melakukan suatu hal, semakin ahli kita dalam hal tersebut bukan?

Saya mengalami sedikit kejutan dengan Hoshi. Sampai dengan saat ini saya masih juga belum merasa pas saat 'menangani' dia. Usianya sudah 2 minggu lebih -tepatnya 16 hari- dan saya masih canggung menggendongnya, masih merasa khawatir saat mengangkat badan kecilnya untuk mengganti popok dan bedongnya.

Saya melakukan semua itu dengan lebih santai saat dengan Hikari dulu. Padahal itu adalah pertama kalinya tapi sama sekali tak ada kesulitan. Hanya butuh waktu 3 hari bagi saya untuk menguasai semua hal tentang penanganan Hikari -kecuali memandikannya, itu spesialisasi umminya. Hanya dengan melihat istri dan mertua melakukannya, dan saya menjadi sangat ahli. Tidak ada rasa canggung dan takut, semuanya saya lakukan dengan yakin dan mantap seperti perawat bayi yang sudah berpengalaman puluhan tahun.

Saya pun terbiasa di rumah berdua saja dengan Hikari jika umminya ada keperluan keluar rumah atau memang dia sedang bosan dan kepingin keluar sejenak. Semuanya tentang Hikari bisa saya tangani.

Tapi Hoshi berbeda. Apa istilah yang pas ya? Hmm.. Susah menemukan kata-kata yang pas untuk mendeskripsikannya. Rasanya Hoshi sedikit lebih 'rapuh' dibandingkan Hikari di usia yang sama, yang membuat saya harus ekstra hati-hati saat melakukan sesuatu yang berhubungan dengannya.

Menggendongnya dengan hati-hati sekali. Mengganti popoknya pun dengan kehati-hatian yang rasanya berlebihan. Tapi memang begitulah rasanya. Memang aneh. Karena mestinya saya sudah terlatih selama setahun membantu umminya mengurusi Hikari sejak bayi.

Perasaan indah saat menyentuhnya seingat saya tak berbeda dengan kebahagiaan yang selalu saya rasakan saan menyentuh kakaknya. Hanya saja selalu ada sedikit canggung yang terasa. Sudah 16 hari usianya, mudah-mudahan saya segera menemukan 'trik'nya.




2 komentar:

  1. mungkin karena dah terbiasa menangani hikari yang udah umur setahun ya om

    BalasHapus
  2. Mungkin juga Nad
    Hikari udah 10kilo beratnya
    mungkin ngaruh kali ya
    terbiasa ngegendong yang berat, trus ngegendong yg ringan
    jadinya canggung

    BalasHapus