Kamis, 15 September 2011

Hikari Main Sambung Kata

Katanya balita dan anak kecil itu rasa ingin taunya luar biasa. Segala hal ditanyakan. Makanya katanya orang tua dituntut punya kesabaran ekstra dalam menghadapinya. 
Juga mesti mempunyai kemampuan yang cukup untuk menjelaskan segala hal yang ditanyakan oleh anaknya dengan cara yang mudah dimengerti, walaupun mungkin akan terjadi banyak pengulangan yang bisa jadi membosankan dan bikin males.
Tapi katanya (banyak bener ya pake katanya) kita tidak akan pernah tau tingkat kerepotannya sampai mengalaminya sendiri secara langsung.

Hikari mulai maju ke fase ini. Ada-ada saja yang ditanyakan. Tak pernah habis rasa ingin taunya. Dan repotnya makin bertambah karena jawaban kami atas pertanyaannya terhadap sesuatu akan menimbulkan pertanyaan baru yang tak kalah ajaibnya.
Hobinya yang terbaru adalah "main sambung kata". Aturan dari permainan ini sederhana; Hikari bertanya-Kami menjawab dengan pengulangan tak terhingga dan tak tentu arahnya.

Apa itu Bi?
Daging
Daging apa?
Daging kambing
Kambing apa?
Kambing makan
Kambing makan apa?
Rumput
Makan rumput apa?
Hijau
Rumput Hijau apa?
Hijau daun
Hijau Daun apa?
Pintu.
...................

Dialog itu bisa semakin panjang sesuai kemampuan saya bertahan melanjutkan jawaban atas pertanyaannya. Bisa juga segera berhenti saat saya mengalihkan perhatiannya pada hal lain, atau saya membuka topik baru yang berbeda (tapi dengan kemungkinan topik baru itu akan menjadi panjang seperti sebelumnya).

Begitu lah. :)

4 komentar: