Minggu, 30 Januari 2011

Hikari Memanggil

Salah seorang teman mengajarkan kepada anaknya untuk memanggil Mama dan Papa. Alasannya sederhana, katanya supaya si anak cepat bisa, karena kata Mama dan Papa cenderung lebih mudah diucapkan oleh balita yang baru belajar bicara.

Masuk akal juga sih. Karena setelah diperhatikan suara vokal A, termasuk salah satu yang mula-mula keluar dari mulut bayi. Karena Hikari pun dulu seperti itu, memanggil saya dengan Ba dan Ma untuk memanggil umminya.

Panggilan Hikari kepada kami terus berubah seiring waktu. Kadang kami berpikir kalau itu memang terjadi secara alami seiring dengan perkembangan kemampuannya. Tapi tak jarang kami berpikir kalau Hikari bermain-main dan bereksperimen sendiri dengan panggilan itu. Karena ada saat-saatnya Hikari seperti tersenyum ketika mengucapkan panggilan yang 'diciptakannya' itu.

Seperti yang saya sebutkan di atas, saat pertama kali bisa berucap, panggilan Hikari kepada kami adalah Ba  dan Ma. Lalu panggilan itu berubah menjadi bbBa dan mmMa (dengan bunyi B dan M yang tebal). Baru kemudian berkembang menjadi Aba dan Ama.

Setelahnya, beberapa bulan kemudian, lidah semakin luwes dan vokal i mulai keluar. Panggilan pun berubah menjadi Bi dan Mi. Kemudian, dengan pola yang sama, Bi dan Mi berubah menjadi bbBi dan mmMi (dengan bunyi B dan M yang tebal). Tapi di bagian akhir terjadi perbedaan. Hikari lancar mengucapkan Abi, tapi belum bisa mengucapkan Umi. Mungkin karena lidahnya belum bisa mengucapkan vokal U. Jadi kepada Umminya, dia tetap memanggil mmMi atau (kadang-kadang) Mi saja.

Sepertinya sudah sempurna kan? Hanya tinggal menyempurnakan panggilan kepada Umminya saja. Tapi ternyata tidak. Alih-alih belajar mengucapkan Ummi, Hikari justru bermain-main dengan menambahkan bunyi E di dalam panggilannya kepada kami. Jadi beberapa hari yang lalu, suatu sore, tiba-tiba saja Hikari berteriak "Abii! Bi! Bei!"

Bei? Hahaha.
Dan selanjutnya, Hikari keasikan dengan hal itu. Seperti mendapat mainan baru, panggilan itu pun diulang-ulangnya sampai hari ini. Sekarang kami adalah Bei dan Mei. Khusus untuk Umminya, ada variasi tersendiri dari Hikari yaitu Memei.

Ba + Ma --> bbBa + mmMa ---> Aba + Ama
Bi + Mi -->  bbBi +  mmMi ---> Abi + mmMi (Mi)
Abi / Bi / Abei / Bei +  mmMi / Mi / Mei / Memei

4 komentar:

  1. nanti kali hikari dah bisa ngomong u panggilannya jadi abu dan ummu..hehehe

    BalasHapus
  2. hihi
    bisa jadi Nad
    Hikari kan memang suka aneh-aneh perangainya

    BalasHapus
  3. Memei??? hehe... Kayak orang cina jadinya, Bang.

    Salam dari Bangkinangers :)

    BalasHapus
  4. bener om, jadinya kayak panggilan orang cina
    tapi ga meleset banget lah
    Hikari kan orang jepang
    hahaha
    salam kembali dari orang Tampan :D

    BalasHapus