Kamis, 22 Desember 2011

Hikari dan Toilet Training

Salah satu kemampuan yang mulai dikuasai balita usia 16-36 bulan adalah mengendalikan urin dan feses. Kapan waktu yang tepat untuk memulai latihan? Tentu berbeda-beda pada tiap balita, tergantung kesiapannya. Siap fisik dengan mampu duduk, jongkok dan berdiri dengan stabil, serta siap berkomunikasi secara verbal untuk menyampaikan kapan dia kebelet.

Berkat umminya yang tak lelah mengajari, Hikari sekarang sudah pandai pipis dan oo' di wc. Sekarang sudah semakin sering menolak ketika hendak dipakaikan diapers. Pergi-pergi ke luar rumah pun tak mau pakai.

Dan memang dia sudah semakin jarang pipis dan oo' di celana. Selalu minta dibukakan atau dibukanya sendiri lalu minta dikawankan ke kamar mandi. Tak jarang dia pergi sendiri.

Tapi yaa... tetap saja ada tapi-nya. Bukan Hikari namanya kalau tidak berperangai macem-macem. Hihi. Saat saya tidak di rumah, umminya selalu cerita tentang betapa pintarnya Hikari saat ke kamar mandi. Pokoknya sempurna deh. Buka celana sendiri, ke kamar mandi sendiri, cebok sendiri (dicebokkan kalau oo'), lalu pakai celana lagi sendiri. Pinter.

Tapi begitu saya ada di rumah, misalnya siang hari saat jam istirahat atau hari libur sabtu minggu, tak jarang Hikari men-downgrade kemampuannya. Macem-macem yang dibuatnya. Pipis di celana tak bilang-bilang. Bisa jadi memburuk kalau dia juga dengan cueknya bermain-main dengan air pipisnya yang tergenang di lantai (wekk). Atau sengaja naik ke atas kasur lalu pipis di situ. Pokoknya yang semacam itu lah.

Mungkin dia ingin bermanja-manja selagi saya ada di rumah. Entahlah, bisa jadi begitu. Tapi ulahnya itu tentu saja membuat umminya mengomelinya. "Kak Ai kalo abi di kantor pinter ke kamar mandi, ngapalah kalo ada abi kayak gitu gayanya?"


**kosa kata di postingan ini kok rasanya gimanaa gitu ya.. kebelet, feses, cebok...**

2 komentar:

  1. hahahaa...pengen dicebokin mas wawan itu hikarinya.. ^.^
    mas nglatih hikari toilet training sejak umur berapa mas? :D

    BalasHapus
  2. kayaknya iya.
    kalo ada abinya, nggak mau sama sekali cebok sama ummi, harus abi
    sejak usia berapa ya? lupa deh
    rasanya sih sebelum 2 tahun udah mulai diajarin sama umminya.

    BalasHapus