Senin, 23 Agustus 2010

Posesif atau Pelit?

Hikari akhir-akhir ini jadi posesif banget dengan benda-benda miliknya. Tak boleh mainannya dipinjam kawannya. Baru dipegang aja langsung direbutnya.  Kalo yang megang itu mempertahankan, Hikari tak segan-segan memukul. Aduh..

Untung saja teman-temannya baik hati dan pengalah. Yang sering main ke rumah memang umurnya udah lebih tua dari Hikari. Anak-anak usia 4-5 tahunan. Salah satunya punya adik, dan satu lagi ada yang belum punya adik tapi mamanya sedang hamil besar, jadi sebentar lagi pun dia akan jadi kakak. Dan mereka itu mungkin sudah punya naluri seorang kakak walaupun masih kecil.

Kalo temannya memainkan sepedanya, Hikari akan berteriak menyuruhnya turun sambil tangannya mengawas-awaskan. Lalu kawannya memainkan bola, Hikari langsung meninggalkan sepeda dan merebut bola. Kawannya ngambil mobil-mobilan, Hikari membuang bolanya dan langsung mengejar. Begitu seterusnya. Tak boleh kawannya pegang mainannya walaupun dia sedang pegang yang lain. Tapi kawan-kawannya pun tak kalah jahil. Mereka seperti tau Hikari seperti itu dan sering dengan sengaja keliatan menggoda. Semakin Hikari mengejar, semakin senang mereka menggodanya.
Dengan Hoshi pun tak kalah pelitnya. Setiap kali Hoshi terletak di tempat yangberada dalam jangkauan tangannya, Hikari akan menarik-narik bedong Hoshi berusaha melepaskannya. Bedong yang dipake Hoshi memang 'warisan' dari Hikari dulu. Ada juga beberapa helai yang dibeli baru, tapi motif dan warna-warnanya sama persis dengan yang terdahulu. Jadi sepertinya Hikari nggak mau bedong itu dipake Hoshi.

Kami jadi bertanya-tanya, apakah memang ada fase dalam pertumbuhan balita dimana mereka menjadi sangat posesif seperti itu? Soalnya anak tetangga depan rumah (2 tahunan usianya) pun kelakuannya persis Hikari ini. Tak boleh sama sekali barangnya disentuh orang. Kita mendekat saja dia sudah teriak-teriak 'punya awan tu" apalagi kalo sampe memegang. Atau ini cuma bagian dari kecemburuan Hikari pada Hoshi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar