Jumat, 14 Mei 2010

[Dulu] Ogah Dipanggil Abi

Kemaren sore –setelah puas bermalas-malasan sejak pagi, karena libur- kami berangkat ke pizza hut jalan sudirman.  Ini dalam rangka memenuhi keinginan istri yang udah ngidam sejak beberapa hari yang lalu. Kalo saya sendiri sih kurang suka makan pizza. Proses timbulnya ngidam ini pun sebenernya agak janggal. Pas lagi asik nonton tivi, ada iklan paket murah di pizza hut. Eh, istri langsung nyeletuk “mau lah!” Dan besok-besoknya terus saja dibahas, kadang-kadang sambil elus-elus perutnya dan bilang “Kasian kita ya Dek, pengen pizza nggak dapet-dapet.”

Ternyata paket murahnya hanya berlaku untuk pesanan yang take-away. Haha.. kasian istri.

Hikari seperti biasa selalu jadi bahan perhatian orang. Ada satu pegawainya yang kayaknya naksir berat kemaren. Setiap lewat selalu ngajak maen. Trus ngambilin kursi untuk Hikari. Trus ngajak foto. Udah kayak orang terkenal aja itu anak.

Ketemu sama seorang teman yang dulu pernah sekantor. Anaknya lebih muda dari Hikari. Pestanya  kalau tak salah ingat, selisih 1 bulan dari tanggal pernikahankami. Mereka selesai lebih dulu karena memang datang sebelum kami. Sambil nunggu istrinya bayar di kasir, ngobrol-ngobrol dulu sebentar. Dia nanya panggilan Hikari ke saya. “Abi” jawab saya. Trus dia bilang “Kalo Adly manggil ummi sama ayah, haha”  Kenapa gitu? “Soalnya berat banget kalo dipanggil abi, sholatnya masih bolong-bolong” Haha… Dia tertawa dan saya ikut tertawa. Teringat seorang teman yang panggilannya persis seperti mereka –Ummi dan Ayah.

Jadi teringat saat dulu Hikari belum lahir. Istri kepengen dipanggil Ummi dan saya kepengennya pake nama panggilan dalam bahasa indonesia saja -Ayah atau Bapak.  Dulu saya selalu merasa lucu setiap kali ada orang yang berbicara dgn menggunakan bahasa indonesia dicampur-campur dgn kata-kata dari bahasa lain. Bukan berarti saya adalah pecinta bahasa indonesia, tapi rasanya nggak enak aja di telinga. Termasuk panggilan Abi-Ummi ini.

Tapi istri berkeras mau dipanggil Ummi, dan sepertinya tidak ada hal apa pun yang bisa mengubah keinginannya itu. Dan sebagai suami yang baik, saya pun mengalah.  Jadilah saya dipanggil Abi.

Dan istri saya itu ternyata memang cerdik. Dia telah menjebak saya sedemikian rupa. Dia yang memaksa saya memakai panggilan Abi, dan sekarang dia sering memakai panggilan itu untuk mengejek saya. Kalo subuh males-malesan bangun, dia akan bilang “Panggilannya Abi tapi sholatnya males” Pun jika saya keasikan nonton tivi di sore hari menjelang magrib. Atau jika saya tidur terlalu lama di hari libur melewati waktu dzuhur. Kalimat sakti itu akan keluar dari mulutnya.
Ah.

Sekarang sih saya sudah seneng dengan panggilan itu. Masih sering males-malesan bangun subuh, tapi saya beruntung punya istri yang tak pernah lelah “mengejek” saya. Panggilan ini juga sekaligus menjadi pengingat untuk diri saya sendiri agar menjadi semakin baik dan bisa menjadi kepala keluarga yang bisa dibanggakan.

Kami pulang menjelang magrib. Dan istri nggak mau rugi kayaknya. Udah jauh-jauh sampe ke sudirman, dia tetep juga beli paket murah yang diidam-idamkannya itu. Haha..


6 komentar:

  1. sukses..
    kata rangga (7yrs) "orang yang cerdas adalah orang yang pinter ngarang (nulis)"

    good blog...

    BalasHapus
  2. wah
    dapet komen dari senior... segan
    iseng aja kok mas, sambil nunggu loading mafiawars, haha
    multiply-nya kok nggak pernah di-update mas?

    udah lama nggak ketemu rangga ya.. kangen

    BalasHapus
  3. sukur sekarang dah tobat ya, gan.. hahaha

    BalasHapus
  4. alhamdulillah
    nggak harus nunggu tua kan ya..?
    :D

    BalasHapus