Selasa, 18 Mei 2010

Kenapa pilih Obgyn Wanita?

Ternyata setiap anak memang unik. Bahkan sejak masih dalam kandungan pun udah keliatan bedanya masing-masing.  Di awal-awal kehamilan Hikari dulu, istri kalo tidur nggak mau tersentuh saya. Tersenggol sedikit saja kakinya saat sedang tidur, langsung protes. Apalagi kalo saya elus-elus perutnya, cepat sekali tangan saya ditepiskan. Tapi itu berlaku saat sedang tidur aja sih. Kalo mau tidur manjanya minta ampun. Minta dipijitin lah, mau dielus-eluslah, minta ini, minta itu. Nah kalo hamil yang kedua ini sikapnya biasa aja. Nggak ada penolakan seperti hamil pertama.

Istri suka banget makan yang manis-manis pas hamilnya Hikari. Sampe lauk pun dia doyan yang manis. Teh yang dibuatnya untuk saya setiap pagi pasti selalu kelebihan manisnya. Waktu mertuanya (ibu saya)  mau ke Pekanbaru, dia minta dimasakin ayam kecap a la ibu saya yang sudah pasti manisnya krn yang masak orang jawa. Padahal biasanya istri adalah selayaknya orang minang yang doyan makan pedas.   Beda banget dengan sekarang.  Kalo nemu makanan yang manis pasti selalu komplain “manis banget sih!” Padahal saat saya cicipi rasanya biasa saja, manisnya sedang. Saat mertuanya datang bawa ayam kecap, istri bilang “Ibu masaknya kok banyak banget ya pake gulanya”

Satu lagi yang terlihat jelas saat kehamilan Hikari adalah istri jadi hobi berdandan.  Suka banget kalo pake baju bagus. Mau ke pasar aja dandannya lamaa banget. Padahal biasanya cuek kayak bebek, pake lipstik Cuma kalo mau pergi kondangan.

Kondisi istri saat hamil Hikari juga lebih sehat daripada sekarang. Makanya istri cenderung pecicilan karena tidak merasa apa-apa. Tapi mugkin karena itu pulalah Hikari lahir lebih cepat dari perkiraan dokternya. Anak gadis kami itu lahir di saat kandungan istri baru 8 bulan 3 hari usianya.  Sementara itu kondisi kehamilan si adek agak sedikit lebih lemah dibandingkan kakaknya. Banyak keluhan dari istri. Sakit di sini, sakit di sana. Kok kayak gini, kok kayak gitu. Nggak enak kalo begini, nggak enak kalo begitu.  Saya nggak tau ini memang karena si adek lebih menyusahkan istri atau karena istri memang jadi lebih manja karena perhatian saya terbagi antara dia dengan Hikari –dan seringkali kalao keduanya merengek bersamaan yang saya tanggapi lebih dulu adalah Hikari.

Dokternya Hikari sejak masih dalam kandungan sampe lahir adalah dokter Imelda. Tempat prakteknya di jalan melur,  jauh banget dari rumah. Kalo berangkat ba’da magrib, sampe dokternya udah isya. Tapi tetep setia dengan dokter Imelda, soalnya kami sepakat untuk pake dokter perempuan. Saya nggak mau perut istri dipegang-pegang laki-laki walaupun itu dokter kandungan.  Kalo pun memang nggak ada dokter perempuan, biarlah ditangani bidan saja daripada dokter laki-laki. Beruntung, walaupun sedikit tapi masih ada Obgyn wanita di pekanbaru. Dan istri pun dasarnya memang pemalu. Jadi ini memang kesepakatan berdua. Tapi seperti saya bilang di entry tentang Panggilan Abi, istri saya ini cerdik luar biasa. Setiap kali ada orang yang bertanya kenapa kami pilih dokter Imelda padahal tempatnya jauh dari rumah, atau kenapa dokter Imelda padahal banyak dokter terkenal lain di Pekanbaru,  dia akan jawab “suami nggak ngebolehin kalo dipegang laki-laki” 

Tapi saya tentu tak bisa protes, karena memang demikian lah adanya. Masa iya saya membolehkan lelaki lain menyentuh-nyentuh tubuh istri saya. Toh dokter wanita juga ada dan nggak kalah pinter, kenapa mesti ke dokter laki-laki untuk memeriksakan kandungan?

Sampai bulan yang lalu pun kami masih ke dokter Imelda memeriksakan kehamilan si adek. Tapi tadi malem kami coba ke dokter Ayu di jalan ahmad yani, lebih jauh lagi dari tempat prakter dokter Imelda.

Sebenernya nggak ada masalah dengan dokter Imelda, istri juga udah nyaman dengan dia. Cuma kepengen cari second opinion aja. Soalnya kehamilan kedua ini lebih banyak keluhannya, dan dokter Imelda ini orangnya cool. Cenderung pendiam. Kalo nggak ada masalah dgn kandungan,  ya dia nggak akan ngomong apa-apa. Sekedar berbasa-basi atau apa kek gitu. Dan kalo ngasih tau pun ya emang yang penting-penting aja, nggak ngobrol sampe kemana-mana.  Waktu istri ngeluh sakit, dia cuma bilang nggak ada masalah. Bayinya sehat. Sakitnya wajar, namanya juga orang hamil. Begitu doang.

Dokter Ayu ternyata lebih muda dari dokter Imelda, dan lebih banyak bicara dibandingkan dokter Imelda. Selama mengoperasikan mesin USG, dokter Ayu sedikit lebih informatif. Alhamdulillah bayi kami sehat dan lengkap fisiknya.  Saat istri mengeluhkan sakitnya, dokter Ayu menjawab santai sambil tersenyum “Yah itu karena hamil Bu, apa boleh buat ya, harus kita tanggung sebagai wanita”  Ah, ternyata sama aja. cuma cara penyampaiannya aja yang beda. Sepertinya dokter Imelda dan dokter Ayu memiliki ilmu yang sama, soalnya waktu menuliskan resep, obat yang diberikan pun sama. Ha-ha.

Oh iya, si adek perkiraannya lahir akhir Juli. 

3 komentar:

  1. kapan ya aku punya anak..pengen banget..hiks hiks..

    BalasHapus
  2. @moJanG ; mudah2an segera datang sang pangeran berkuda yang baik dan penyayang ya Nad.. ehm

    @Aldi ; semoga berlanjut ke kunjungan keduax, keseribux, ke sejutax.. :D

    BalasHapus