Minggu, 30 Mei 2010

Biasa aja deh kalo nggak suka.

Apakah bahasa asing memang terdengar lebih keren daripada bahasa kita sendiri? Apakah kosa kata dalam bahasa asing memang bisa menghasilkan kesan yang lebih dalam daripada jika diucapkan dalam bahasa kita sendiri?

Banyak orang indonesia mengeluhkan lagu indonesia. Mereka bilang liriknya payah. Beberapa bilang isinya tak jauh-jauh dari cinta dan air mata. Sebagian yang lain bilang liriknya murahan dan pemilihan kata-katanya pasaran. Ada juga yang terang-terangan menunjuk lagu tertentu dan mengatai-ngatainya sebagai lagu kampungan, yang kemudian akan berlanjut pada penghinaan terhadap band atau penyanyinya.

Ini aneh. Karena yang mereka permasalahkan selalu lagu indonesia. Sementara di lain pihak, mereka begitu menyukai lagu-lagu berbahasa inggris dan bangga sekali menyanyikannya. Bahkan kadang-kadang sampai menjadikannya sebagai status di situs jejaring sosial mereka. Tak lupa ditambah embel-embel ‘lagu ini pas banget nih dengan gw’ bla bla bla.

Padahal coba tengok isinya. Kalaulah mereka mau sebentar saja memperhatikan liriknya dan menterjemahkannya ke dalam bahasa indonesia, niscaya mereka akan menemukan kenyataan bahwa lagu berbahasa inggris itu jauh lebih dahsyat level cengengnya daripada lagu indonesia. Rayuannya pun jauh lebih gombal daripada lirik lagu berbahasa indonesia.

Dan tentang isinya, mari kita periksa bersama.. Apakah temanya selalu tentang pemanasan global? Apakah semuanya tentang ajakan untuk melawan kekerasan di dalam rumah tangga? Apakah mengajari kita bagaimana menghormati guru dan orang tua? Apakah ada yg bertema tentang pentingnya menjaga daerah aliran sungai? Apakah ada anjuran membayar pajak tepat pada waktunya dan mengisi SPT secara lengkap dan benar?  Ternyata tidak juga. Lagu-lagu yang mereka gandrungi itu ternyata tak jauh-jauh juga dari urusan selingkuh dan patah hati. Ah.

Lalu apa salahnya dengan lagu indonesia? Mereka terus saja menyebarkan kebencian dan mencari pendukung untuk mengejek lagu berlirik Ce-I-eN-Te-A. Padahal jauh sebelumnya Ashlee Simpson sudah punya lagu berlirik L-O-L-O-L-O.....V-E.

3 komentar:

  1. penguasa_angin

    laik dis gan, hahaha... orang bulek jugak cengengkan ???

    BalasHapus
  2. huhuy
    tapi banyak orang yang menganggap kecengengan orang bule itu sbg sesuatu yg romantis

    BalasHapus
  3. mungkin yg bikin gak disukai gak sekedar segi lirik, tp segi musiknya dan penampilan penyanyi itu...

    BalasHapus